Dongeng Bersama Ka Ojan

dongeng
Tema : Toilet Training

Riri seekor anak biri-biri sedang menangis. Ibunya bingung apa yang terjadi, karena anaknya tidak menjawab ketika ditanya.
Aha! Mungkin pak Gajah bisa membantu. Pak Gajah kemudian memainkan lawakannya, tapi Riri tetap saja menangis, Ibu Riri makin bingung.
Kali ini Paman Keledai ikut membantu. Dia bermain sulap untuk Riri, tapi Riri tetap saja menangis….tangisan Riri makin keras.

Ternyata….Riri menangis karena dia ingin buang air besar, Dia menahannya sedari bangun tidur. Oow …ibu biri-biri segera membawa Riri ke toilet.

Setelah keluar dari toilet. Riri baru bisa tersenyum dan meminta maaf. Ibunya kemudian menasehati.
“Jika kamu diam saja dan hanya menangis, maka tidak akan ada yang tahu apa yang sedang kamu rasakan, Riri lain kali, jika kamu ingin buang air besar, kamu harus bilang agar ibu bisa membantumu, ya.”
“Dan ibu akan mengajarimu cara menggunakan toilet agar kamu bisa mandiri.”

“Setelah itu, Ibu biri-biri mengajari anaknya bagaimana cara menggunakan toilet yang benar….
Sinopsis dongeng hari ini tentunya sudah menjadi problem real yang dihadapi oleh para pendiidik khususnya guru Paud dan anak SD usia dini umumnya kelas 1 dan 2.

Peran Ibu utamanya sangatlah penting untuk mengajarkan bagaimana anak agar bisa menggunakan toilet dengan benar, sehingga secara sadar anak sudah paham betul akan menjaga kebersihan diri dan lingkungannya.

Author: dinamikaumat

Leave a Reply